Exclusive from Good News From Indonesia

10 Kota Tujuan Wisata Terfavorit di Indonesia Menurut Riset Google

Google baru saja merilis tren industri perjalanan terbarunya. Riset ini menunjukkan bagaimana orang Indonesia mencari dan membeli produk perjalanan. Data
General
Thu Nov 08 2018 03:19:00 GMT+0000 (UTC)

Google baru saja merilis tren industri perjalanan terbarunya. Riset ini menunjukkan bagaimana orang Indonesia mencari dan membeli produk perjalanan. Data tersebut mengungkap pencarian terkait traveling naik 30 persen selama rentang Januari 2017 hingga Juli 2018. Selain itu, Google juga mengungkap 10 kota di Indonesia dan mancanegara yang paling dicari untuk traveling.


Daftar disusun berdasarkan kata kunci yang paling banyak dicari lewat search engine Google oleh pengguna di Indonesia, sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, dari laporan Google Trends.
Data Google mengungkapkan sejumlah hal menarik. Di antaranya, 8 dari 10 destinasi yang paling banyak dicari ternyata berada di Pulau Jawa.

Zulfi Rahadian, Industry Manager Google Indonesia, menuturkan bahwa, dari kesemua destinasi dalam daftar, kota Malang mengalami peningkatan pencarian terbesar dalam dua tahun terakhir

Sementara untuk domisili netizen yang melakukan pencarian destinasi liburan, Zulfi mengungkapkan sebagian besar masih berasal dari kota-kota besar macam Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Netizen di kota-kota secondary cities seperti Pekanbaru, Balikpapan, dan Kuta mengalami peningkatan besar soal kata kunci pencarian yang berhubungan dengan travel, mencapai 48 persen pada bulan Juli 2018 berbanding Januari 2017.

Selengkapnya, berikut daftar 10 destinasi wisata yang paling banyak dicari di Indonesia menurut Google.
1. Jakarta
2. Bandung
3. Yogyakarta
4. Badung (Kuta)
5. Surabaya
6. Malang
7. Semarang
8. Bogor
9. Medan
10. Bandung Barat (Lembang)

Industry Manager Google Indonesia Zulfi Rahardian menuturkan selama dua tahun terakhir pencarian wisata untuk Malang mengalami pertumbuhan paling pesat. "Mungkin karena semakin banyak obyek dan atraksi wisata di Malang terutama di Batu. Apalagi Batu juga berhawa sejuk sehingga banyak dicari untuk melepas penat. Akses ke Malang juga terbilang mudah dari kota-kota lain di wilayah Jawa Timur," katanya.

Sumber : Kompas.com | Republika.co.id | Google Trends

Penulis: AKHYARI HANANTO
Dirilis pada 2018-11-08 08:51:06

Open in App