Exclusive from Good News From Indonesia

Jalur Baru Akan Ditambah Untuk Akses KA Bandara NYIA

Stasiun kereta Kedundang di Kulon Progo, Yogyakarta, Jawa Tengah, akan menambah jalur baru yang akan mengantarkan penumpang langsung ke Bandara
General
Wed May 15 2019 15:01:00 GMT+0000 (UTC)

Stasiun kereta Kedundang di Kulon Progo, Yogyakarta, Jawa Tengah, akan menambah jalur baru yang akan mengantarkan penumpang langsung ke Bandara Internasional Yogyakarta.

Stasiun kereta, yang sebelumnya tidak aktif tersebut, akan dibangun kembali sebagai rumah bagi kereta bandara yang baru.

Kereta Bandara NYIA melintasi jembatan di atas sungai Kulon Progo, Yogyakarta | Foto: Tarko Sudiarno / Jakarta Post

Saat ini, penumpang yang menuju ke bandara internasional harus naik kereta ke stasiun kereta Wojo, yang terletak 10 kilometer dari bandara, dan melanjutkan perjalanan dengan bus.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemerintahannya akan segera mengeluarkan izin lokasi bangunan sehingga pembangunan lintasan akan dapat dimulai dalam 10 hari ke depan. Jalur baru membutuhkan 1.520 hektar lahan.

"Kementerian Perhubungan akan menentukan rute yang diambil oleh kereta api [bandara] ini," katanya seperti dikutip oleh Tempo.co, pada hari Senin lalu. Dia juga menambahkan bahwa dia bertujuan untuk menyelesaikan proyek tersebut tahun ini.

Secara terpisah, juru bicara PT KAI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan dia merasa yakin kehadiran kereta tersebut akan memudahkan akses ke bandara.

"Jalur kereta baru tersebut akan sangat membantu dalam menyediakan akses ke dan dari bandara karena kereta akan dapat membawa penumpang langsung ke bandara," kata Eko, Senin.


Sumber: Jakarta Post

Penulis: VITA AYU ANGGRAENI
Dirilis pada 2019-05-15 20:01:00

Open in App