Exclusive from Good News From Indonesia

Grup Barongsai Indonesia Raih Juara 1 di Ajang Borneo Traditional Lion Dance Competition Malaysia 2019

kali ini anak Bangsa kembali mengharumkn nama Indonesia di kancah Internasional melalui atraki Barongsai.
General
Tue Sep 10 2019 23:43:00 GMT+0000 (UTC)

“Hari ini kita juara, besok kita bukan seorang juara” adalah salah satu slogan yang dipakai oleh GBS Indonesia atau singkatan dari Grup Barongsai Sejahtera Indonesia.

Grup barongsai ini berasal dari Pontianak Kalimantan Barat, yang beralamatkan di Jalan Tanjungpura gang buntu no 109H. Di bawah naungan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kalimantan Barat, grup barongsai ini berhasil meraih juara pertama dalam ajang Borneo Traditional Lion Dance Competition yang dilaksanakan di Bintulu, Malaysia, 7 September 2019.

FOBI sendiri berdiri pada tanggal 9 Agustus 2012 di Jakarta dan didukung oleh 5 organisasi Barongsai di Indonesia: BARIN, ALBSI, PERNABI, PLBB, ALBA. di mana mempunyai kesamaan tujuan untuk mengembangkan olahraga barongsai Indonesia.

Dalam pertandingan ini, Grup Barongsai Sejahtera merupakan wakil tunggal dari Indonesia selain itu dalam ajang ini mereka berhasil meraih nilai tertinggi dengan skor yang sangat membanggakan sebesar 9,25. Juri yang ikut hadir juga berasal dari berbagai negara misalnya Malaysia dan Tiongkok.

Grup Barongsai Sejahtera Indonesia @ Gbs.id

Sebelum mengikuti perlombaan ini, mereka terlebih dahulu mempersipakan diri selama beberapa minggu agar ketika hari perlombaan tiba mereka bisa memberikan penampilan terbaik. Mulai dari simulasi perlombaan, serta asupan gizi pun dijaga.

Perlu diketahui lion dance atau yang biasa kita sebut barongsai adalah sebuah atraksi yang dilakukan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Atraksi ini sering dilakukan menjelang hari raya besar tahun baru umlek atau Cap Go Meh. Selain hari raya tersebut, atraksi ini juga kerap kali ditampilkan ketika ada penyambutan tertentu.

Atraksi ini juga perlu latihan khusus serta keterampilan mengingat atraksi ini membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Ada berbagai cara untuk memainkan barongsai yang bisa dimulai dari gerakan dasar.

Ada delapan elemen dasar dari barongsai yang harus diingat, yaitu tidur, membuka, bermain, pencarian, berkelahi, makan, penutup dan tidur.

Tarian singa ini dapat diringi dengan alat musik drum, gong, atau gembrengan. Jika di acara besar biasanya diringi juga dengan petasan dan atraksi angpao khusus untuk pemain barongsai.

Saat ini barongsai yang berada di Indonesia dapat dimainkan serta dipertontonkan secara luas, bahkan ada yang telah menjuarai beberapa festival Asia seperti Grup Barongsai Sejahtera.

Hingga saat ini grup barongsai Indonesia sudah banyak mengikuti berbagai kejuaraan-kejuaraan dunia dan meraih banyak prestasi.

Tarian barongsai memiliki memiliki 2 jenis gerakan atraktif yang harus dikuasai, yaitu gerakan singa utara yang memiliki surai ikal dan berkaki empat lalu gerakan singa selatan yang memiliki sisik serta jumlah kaki yang bervariasi antara dua atau empat.

Atraksi singa ini sangat energik dan membutuhkan gerakan yang gesit, ditambah lagi dengan drum dan simbal yang dimainkan secara bersamaan. Atraksi Singa yang dimainkan oleh dua orang berpakaian seperti singa tarian ini sering diikuti dengan berbagai akrobatik dan atraksi yang menantang.

Tarian singa memiliki dua simbol yaitu simbol keberuntungan dan kesuksesan. Selain untuk menjaga kesenian yang telah diturunkan sejak lama, barongsai juga memiliki arti dapat mengusir hal-hal negatif dari suatu tempat.

Warna-warni dari barongsai juga beragam, ada yang berwarna hitam, merah, kuning, pink dan warna lainnya. Setiap warna memiliki arti. Warna merah yaitu melambangkan umur dan karakter dari si barongsai.

Sumber: CNN.com | GBS

Penulis: MONA DESTIANA
Dirilis pada 2019-09-10 14:28:00

Open in App