Exclusive from Good News From Indonesia

Jika Jadi, Gedung di Kepulauan Riau ini Akan Menjadi yang Tertinggi di Indonesia, dan Tetangganya, Singapura

Keluarga mendiang BJ Habibie, dan PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) kini tengah mengerjakan pembangunan kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt di
General
Sat Oct 05 2019 01:16:00 GMT+0000 (UTC)

Keluarga mendiang BJ Habibie, dan PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) kini tengah mengerjakan pembangunan kawasan terintegrasi megasuperblock Meisterstadt di Batam. Di Kawasan ini digadang-gadang akan dibangun gedung tertinggi di Indonesia dan menjadikan Batam menjadi salah satu kota yang strategis secara ekonomi, tak hanya di Indonesia, tapi di kawasan Asia Tenggara.

Berangkat dari pengalamannya menjadi Otorita Batam periode 1978-1998, (Alm) Habibie menyebutkan, Batam ditargetkan bisa menjadi pusat industri manufaktur utama di Indonesia. Hal itu salah satunya yang menjadikan dasar pembangunan kawasan senilai US$ 1 miliar ini sekaligus menjadi investasi terbesar di wilayah tersebut.

 sumber : Pollux international
Caption

Saat ini, kawasan yang ditargetkan akan memiliki 11 tower ini sudah menyelesaikan pembangunan empat tower pertamanya. Empat tower ini merupakan fase pertama dari pembangunan kawasan yang menggunakan konsep kemajuan Jerman. Berdasarkan masterplan kawasan tersebut, tanah seluas 9 hektar tersebut nantinya akan memiliki universitas, mall, central park, 8 tower apartemen, 1 rumah sakit, 1 hotel dan kawasan niaga. Satu tower lainnya disebut-sebut akan menjadi gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sebanyak 100 lantai (sekitar 350 m) yang akan digunakan sebagai perkantoran. Jika ini terlaksana, maka gedung ini tak hanya tertinggi di Indonesia, namun juga lebih tinggi dari gedung apapun di tetangga dekatnya yang maju, Singapura. Gedung tertinggi di Singapura adalah Tanjong Pagar Center, yang setinggi 290 m.

Tertinggi di Indonesia | Pollux International
Caption

Sebagai perbandingan, data Skyscrapercenter.com mencatat gedung tertinggi di Jakarta yakni Gama Tower (310 m) yang berada di Jalan HR. Rasuna Said dengan 69 lantai, disusul Treasury Tower (280 m) dan Menara Astra (262).

Berpulangnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie tidak membuat pembangunan kawasan ini mengendor. "Proyek ini merupakan hasil dari visi Habibie untuk menciptakan integrated vertical city yang terinspirasi dari standar kemajuan negara Jerman," kata Ilham Akbar Habibie, Honorary Chairman Pollux Habibie International, yang juga putra almarhum, seperti dikutip CNBC Indonesia.

Total struktur yang akan dibangun seluruhnya mencapai 11 menara yang ditargetkan selesai dalam 10 tahun ke depan.

(Dari berbagai sumber)

Penulis: AKHYARI HANANTO
Dirilis pada 2019-10-05 06:16:44

Open in App