Exclusive from Matakota

Gwynne Shotwell, Rahasia SpaceX Berhasil Meroket Tinggi ke Angkasa

Inilah senjata rahasia SpaceX berhasil meroket tinggi ke angkasa
Technology
Fri Oct 04 2019 12:09:44 GMT+0000 (UTC)

Jika mendengar perusahaan jasa peluncuran roket, SpaceX, pasti akan selalu mengingat sang founder Elon Musk. Sang founder kontroversial ini memiliki ide gila yang ingin menerbangkan manusia ke planet Mars. Tak hanya itu, Elon juga memiliki ide gila menciptakan sebuah roket yang menerbangkan manusia dari New York ke Hong Kong hanya dalam waktu 39 menit.

Tapi tahu kah kamu siapa dibalik layar yang bisa mewujudkan ide gila Elon Musk?

Gwynne Shotwell, karyawan kesebelas SpaceX yang telah berhasil membantu Elon Musk mewujudkan ide gilanya. Sejak 2002 Gwynne bergabung ke SpaceX sebagai Vice President of Business Development.

Sebagai Vice President of Business Development, Gwynne harus menjual roket SpaceX ke klien sebanyak-banyaknya. Padahal saat itu roket SpaceX belum pernah meroket ke angkasa sama sekali. Masih berupa prototype. Tapi berkat kegigihan dan kecerdikannya, dia berhasil menggaet US Air Force dan NASA untuk mendanai demonstrasi peluncuran roket pertama mereka.


Dikutip dari Bloomberg.com, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dan startup satelit asal Malaysia, merupakan klien pertama mereka. Kemudian SpaceX berhasil mengambil proyek terbesar mereka dengan mengembangkan sebuah roket besar, Falcon 9, untuk NASA dengan nilai kontrak sebesar USD 400 juta.

Peluncuran roket awal, Falcon 1 di tahun 2006 tidak berjalan mulus. Sudah tiga kali melakukan percobaan tapi masih gagal. Hingga akhirnya pada percobaan peluncuran keempat, Falcon 1, berhasil mengorbit di angkasa pada September 2008.

Tiga bulan kemudian, NASA puas dengan kemajuan SpaceX dan memberikan kontrak besar senilai USD 1,6 miliar untuk mengembangkan pesawat luar angkasa baru. Pada saat itu juga, Gwynne dipromosikan oleh Elon Musk sebagai Presiden dan COO (Chief Operational Officer) SpaceX. Beberapa bulan kemudian dia juga bergabung menjadi anggota direksi. “Gwynne adalah sosok pemimpin yang luar biasa. Kita tidak akan ada di sini sekarang tanpanya”, kata Elon Musk.

Gwynne Shotwell adalah sosok yang bisa menerjemahkan ide gila Elon Musk menjadi sebuah bisnis besar. Kini valuasi SpaceX bernilai USD 28 juta. Gwynne memimpin 6.000 karyawan yang berusaha mewujudkan ide futuristik,meluncurkan ribuan satelit untuk mengembangkan akses internet dan membawa manusia tinggal di Planet Mars. (F)

Open in App