Exclusive from Good News From Indonesia

Sepercik Bali di Palembang, Seperti Apa?

Tentunya kawan GNFI masih ingat tentang kawasan Jakabaring di Palembang yang digunakan untuk arena perhelatan kompetisi olahraga Asian Games 2018 kemarin, bukan? Tahukah kawan GNFI bahwa di kawasan ini terdapat kompleks rumah ibadah yang telah diresmikan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia?  Adapun rumah ibadah yang diresmikan tersebut antara lain, Masjid Nur Al-Dien, Catholic Church Of Saint John Paul, Vihara
General
Sat Jan 05 2019 00:41:00 GMT+0000 (UTC)

TentunyakawanGNFImasihingattentangkawasanJakabaringdi PalembangyangdigunakanuntukarenaperhelatankompetisiolahragaAsianGames2018 kemarin, bukan?TahukahkawanGNFIbahwadi kawasaniniterdapatkompleksrumahibadahyangtelahdiresmikanolehKementerianAgamaRepublikIndonesia?

Adapunrumah ibadah yang diresmikantersebut antara lain, Masjid Nur Al-Dien, Catholic Church Of Saint John Paul, Vihara Satya Dharma Sriwijaya, dan Christian Church Jakabaring, serta Pura Kahyangan Swarnadwipa. Kemudian adapularumahibadahuntukumatKongHu Chu yangdibangunsetelahAsianGamesselesai.

Tempat ibadahtersebutdibangununtukmemudahkanpara atletyangberkompetisidi ajangAsianGameslaluuntukberibadah.

Pura Kahyangan Swarna Dwipa | Sumber: Detik Travel
Pura Kahyangan Swarna Dwipa | Sumber: Detik Travel

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sumsel, Surya IGB Negara menuturkan, PuraKahyangan Swarna Dwipa ini dibuat di dalam satu komplek bersama 4 rumah ibadah lainnya didalam Jakabaring Sport Center, selain ada Gereja Katolik dan Protestan, Kelenteng serta Masjid bagi umat beragama Islam.

"Rumah ibadah ini dibuatnya serentak, kenapa dibuat dalam satu kawasan? ini menandakan kerukunan antar umat beragama di Sumsel," ungkap Suryapadasaatditanyai.

Uniknya, PuraKahyangan Swarna Dwipa inimerupakanpurayang kedua di Palembang setelah PuraAgung Sriwijaya dibantu dari 200 personel untuk membangun serta melengkapi struktur sama seperti yang ada di Bali.

Kini, tak hanyamenjadirumahibadah, Purainimenjadisalahsatuobjekwisata yang ada di Palembang, tidaklain karenabentuknyayangmembawanuansabali ke Palembang.

Berdiri diantara gereja dan masjid, pura itu ramai diserbu pengunjung dari Kota Pempek untuk berfoto.

"Serasa sedang berada di Bali" kata pengunjung setelah selesai berfoto di depan pura berwarna khas hitam itu.

Ketika disinggung bentuknya yang mirip dengan pura-pura di Bali, Bambang selakuDirektur Operasional Jakabaring Sport Center tidak menampik. Bahkan diakui jika arsitektur pura memang berasal dari Bali langsung. Termasuk material dan tukang yang ikut mengerjakan pembangunanya.

"Arsitek, tukang dan material semua dari Bali. Pura dikerjakan oleh tukang ahli dan biasa membangun pura di Pulau Dewata. Terbukti hasiknya rasa di Bali, jadi sudah sepekan ini pura didatangi oleh banyak pengunjung," tutupnya.


Sumber: Detik Travel| Tribunnews

Penulis: VITA AYU ANGGRAENI
Dirilis pada 2019-01-04 21:39:30

Open in App