Exclusive from Good News From Indonesia

Produk Inovasi Menarik di Ritech Expo 2019

"Peneliti dan perekayasa di Indonesia tidak perlu malu untuk mempelajari teknologi terakhir dari negara lain selama dalam proses pengembangan teknologi." Wapres Jusuf Kalla
General
Sun Sep 01 2019 06:57:00 GMT+0000 (UTC)

RITECH EXPO 2019 merupakan salah satu bagian dari rangkaian acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2019, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Berlangsung dari 25-28 Agustus 2019 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, menampilkan berbagai hasil RISET dan INOVASI di bidang Teknologi.

Pameran ini menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa. Pemilihan Denpasar sebagai lokasi RITECH EXPO 2019 adalah perwujudan dari tema besar Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-24 yaitu IPTEK dan inovasi dalam Industri Kretaif di Era Revolusi Industri 4.0.

Berikut adalah beberapa hasil penelitian yang menarik perhatian Good News From Indonesia saat berkeliling booth Ritech Expo 2019.

1. Swimbee (Universitas Diponegoro Semarang)

Swimbee (Swim Like an Amphibi) | Foto : Dwina/GNFI

Swimbee (Swim Like an Amphibi) adalah sarung tangan renang yang didesain untuk memudahkan aktivitas berenang penggunanya. Swimbee telah teruji dapat meningkatkan kecepatan berenang sekaligus membantu meningkatkan daya dorong tangan saat melakukan stroke.

Swimbee merupakan salah satu produk biomimicry (terinspirasi dari alam). Produk ini terinspirasi dari kaki katak yang memliliki selaput.

2. Solar Converter Portable, Inovasi Listrik Alternatif (Universitas Pendidikan Ganesha)

Solar Converter Portable | Foto : Dwina/GNFI

Produk ini berfungsi sebagai sumber energi listrik alternatif selama terjadi pemadaman listrik ataupun untuk tempat/daerah yang belum terjangkau aliran listrik PLN. Alat ini bekerja dengan mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik arus searah yang kemudian disimpan pada baterai. Untuk melayani kebutuhan peralatan listrik yang umumnya bekerja pada tegangan 220 V, maka tegangan baterai 12V dikonversi dengan sebuah konverter tipe boost converter. Efisiensi dari boost converter ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan menggunakan interver sehingga menghemat pemakaian energi listrik baterai.

3. Motor Listrik G 1.0 (Universitas Pendidikan Ganesha)

Motor Listrik G1.0 Ganesha | Foto : Dwina/GNFI

Universitas Pendidikan Ganesha Bali membuat motor listrik dengan bodi berbahan serat alam. Motor listrik itu diberi nama Ganesha Sakti (Gaski) 1.0. Serat alam ini memiliki kandungan bahan yang nyaris mirip dengan fiberglass yang biasa digunakan sebagai bodi motor. Serat alam yang digunakan yaitu agave sisal dan tanaman gebang yang banyak ditemukan di Singaraja, Buleleng, Bali.

4. Dispenser Berbicara (Universitas Pendidikan Indonesia)

Dispenser Berbicara | Foto : Dwina/GNFI

Merupakan alat untuk memudahkan penyandang disabilitas tunanetra dalam menakar air. Memiliki 6 tombol takaran air, masing-masing 3 tombol untuk air panas dan air dingin. 3 Tombol tersebut memiliki takaran 50, 100, dan 250ml.

Huruf braile pada on/off alat | Foto : Dwina/GNFI

Dispenser berbicara ini mengeluarkan indikator suara ketika dinyalakan, dan ketika menekan tombol takaran air, dan memberi informasi ketika air sudah terisi pada gelas. Sehingga penyandang tunanetra dapat mengetahui berapa ukuran air yang telah keluar dari dispenser berbicara ini.

5. Timbangan Berbicara (Universitas Pendidikan Indonesia)

Timbangan Berbicara | Foto : Dwina/GNFI

Timbangan berbicara diinovasi dan didesain minimalis dan ramah terhadap disabilitas tunanetra oleh tim PkM (pengabdian kepada Masyarakat) UKM KOMPOR UPI. Ketika pengguna menyimpan suatu benda di atas tatakan timbangan berbicara, maka timbangan akan mendeteksi berat benda tersebut, kemudian mengeluarkan suara yang dapat didengar oleh penyandang disabilitas tunanetra, juga menampilkan indikator angka yang dapat dilihat oleh orang normal.

6. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan kendaraan ramah lingkungan dengan sumber daya energi listrik

Motor Listrik Selis | Foto : Dwina/GNFI

7. GESITS

Sepeda Motor Listrik GESITS | Foto : Dwina/GNFI

Dikabarkan oleh Tim GESITS yang tim GNFI temui, pada bulan Oktober 2019 ini akhirnya motor listrik kebanggaan bangsa ini siap untuk menjelajah Nusantara. Selamat!

Kegiatan RITECH EXPO 2019 berakhir Rabu sore, (28/08), setelah ditutup oleh Asisten Daerah III Pemprov Bali Wayan Suwarjana. Selama empat hari digelar, RITECH EXPO 2019 mampu menarik pengunjung sekitar 35.000 orang. Jumlah ini merupakan angka pengunjung terbanyak selama lima tahun terakhir dari penyelenggaraan RITECH EXPO. Sampai berjumpa di kegiatan Research, Inovation and Technology 2020!

Penulis: GOOD NEWS FROM INDONESIA
Dirilis pada 2019-08-30 16:27:00

Open in App