Exclusive from Good News From Indonesia

Jenis Buku Apa yang Paling Laris di Indonesia?

Usai menguraikan penjualan buku di Indonesia dalam angka, kali ini kita akan menyelisik jenis buku apa yang paling banyak dicari di Indonesia. Berikut adalah riset dari Picodi.com
General
Wed Jun 12 2019 16:29:00 GMT+0000 (UTC)
  • Mengetahui jenis-jenis buku apa saja yang paling banyak diburu di Indonesia.
  • Survei dari Picodi.com menunjukkan buku fiksi adalah yang paling tinggi peminatnya.
  • Riset ini menggunakan data internal platform e-commerce global dari Picodi.com.

Artikel ini merupakan lanjutan dari seri sebelumnya tentang penjualan buku di Indonesia dalam angka, merujuk pada riset yang dilakukan Picodi.com.

Di artikel kali ini, yang diuraikan adalah jenis buku apa yang paling laris manis di pasaran Indonesia? Berikut adalah penjabarannya.

Jika ditelusuri dari jenis tulisan, buku fiksi adalah yang paling banyak diminati di Indonesia. Jumlah responden yang memilih jenis buku ini mencapai 75 persen. Angka yang jauh lebih tinggi dari non-fiksi (41 persen), bisnis (33 persen), sains popular (31 persen), literatur hobi (24 persen), dan literatur sains serta buku teks (22 persen).

BACA JUGA: Dispusip Kota Bandung Merilis Buku Hasil Inkubator Literasi

Untuk buku fiksi masih bisa diuraikan lagi genre-nya. Thriller berada di urutan teratas dengan 33 persen, disusul sci-fi dan fantasi (31 persen), sejarah (29 persen), romansa (25 persen), petualangan (22 persen), klasik (18 persen), komik (18 persen), criminal (14 persen), modern (13 persen), dan puisi (12 persen).

Mayoritas orang Indonesia membeli buku karena harganya murah. Itu dibuktikan dengan 57 persen jumlah responden. Sementara itu 27 persen responden mengatakan harga buku masuk akal, 10 persen responden cukup keberatan membeli buku karena harganya sedikit tinggi, sedangkan 6 persen responden sisanya merasa harga buku terlalu mahal.

BACA JUGA: Laris Manis Buku Indonesia di Pesta Buku Brunei 2019

Hasil riset ini menggunakan data internal platform e-commerce global dari Picodi.com, mengenai transaksi di toko buku online. Survei dilakukan pada Maret 2019 ke 7.800 responden dari 41 negara.**

Infografis: Picodi.com
Penulis: ADITYA JAYA ISWARA
Dirilis pada 2019-06-08 08:00:00

Open in App