Exclusive from Good News From Indonesia

Tiga Kandidat Ibu Kota Baru Jawa Barat

Berdasarkan kajian yang sudah terdapat dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029
General
Sun Sep 01 2019 23:36:00 GMT+0000 (UTC)

Berdasarkan kajian yang sudah terdapat dalam Perda Perubahan atas Perda Jabar Nomor 22 Tahun 2010 tentang RTRW Jabar Tahun 2009-2029 ibu kota Jawa Barat direncanakan akan pindah dari Kota Bandung.

"RTRW (rencana tata ruang wilayah) Jawa Barat sudah disahkan untuk sampai 2029. Di dalam RTRW, penataan jalur-jalur transportasi sudah masuk, termasuk persetujuan pemindahan ibu kota pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," ujar Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat.

Salah satu alasan pemindahan ibu kota Jawa Barat tersebut seperti disebutkan oleh sang Gubernur, Ridwan Kamil bahwa kantor pemerintahan Pemprov Jawa Barat saat ini masih terpisah-pisah di berbagai lokasi di Kota Bandung. Hal itu membuat roda pelaksanaan pemerintahan menjadi tidak produktif.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil | Sumber: Fajar

Terdapat tiga kandidat yang menjadi opsi pemindahan ibu kota Jawa Barat. Tiga kandidat tersebut antara lain Walini di Kabupaten Bandung Barat, Tegalluar di Kabupaten Bandung dan satu lokasi lainnya yakni Rebana, yang merupakan kepanjangan dari Cirebon, Patimban, dan Majalengka.

Diproyeksikan kedepannya perekonomian tiga wilayah kandidat tersebut akan meningkat. Tentunya berkat pembangunan sejumlah infrastruktur yang menunjang perekonomian.

Walini dan Tegalluar misalnya, dua wilayah ini akan dilalui jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. Tentunya pembangunan jalur kereta cepat ini berpengaruh besar terhadap perekonomian di dua wilayah tersebut.

Sementara itu, Rebana juga dekat dengan Bandara Kertajati, Jawa Barat. Cirebon, Patimban, dan Majalengka pun diproyeksikan menjadi kawasan ekonomi khusus. Ditambah, ada pelabuhan di wilayah Patimban.

Ridwan menargetkan kajian soal rencana pemindahan ibu kota ini bisa dilakukan dalam enam bulan ke depan.

"Kajian akan dilakukan di tiga tempat selama 6 bulan ke depan," ucapnya.


Catatan kaki: CNN Indonesia

Penulis: VITA AYU ANGGRAENI
Dirilis pada 2019-09-02 04:48:46

Open in App