Exclusive from Good News From Indonesia

7 Inovasi Teknologi Karya Anak Bangsa

Teknologi karya anak bangsa banyak yang sudah terkenal hingga mancanegara. Teknologi tersebut menjadi terobosan baru di berbagai bidang.
General
Wed May 15 2019 07:31:00 GMT+0000 (UTC)

Indonesia tidak kekurangan orang pintar. Hal ini terlihat dari banyaknya anak bangsa yang mencurahkan kepintaran mereka, untuk menciptakan teknologi baru yang memudahkan kehidupan. Bahkan, tak sedikit teknologi karya anak bangsa yang terkenal di dunia internasional.

Berbagai inovasi diciptakan untuk memperbaiki kualitas hidup manusia. Baik untuk manusia itu sendiri, maupun untuk membuat lingkungan hidup yang lebih baik untuk ditinggali.

Apa pun latar belakangnya, segala inovasi anak bangsa sudah selayaknya mendapatkan perhatian khusus.

Deretan inovasi teknologi karya anak bangsa

Pendidikan adalah modal utama dalam hal mendapat pengetahuan untuk menciptakan sebuah inovasi. Tak heran jika inovasi teknologi karya anak bangsa berikut ini, banyak yang dicetuskan oleh kaum akademisi, baik siswa maupun mahasiswa. Apa saja terobosan baru yang unik itu?

Sepeda motor listrik

Sepeda Motor Gesit | foto Imc Blog

Indonesia adalah negara dengan populasi sepeda motor yang sangat banyak, sehingga pencemaran udara semakin parah, terutama di kota besar. Itulah yang mendasari mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS) menciptakan sebuah sepeda motor yang bertenaga listrik.

Diberi nama Gesits, sepeda motor ini menggunakan baterai berukuran 5kWH sebagai motor penggerak. Untuk sekali pengisian penuh, baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 80 bahkan 100 kilometer. Ketika baterai habis, hanya butuh waktu 4 jam saja untuk pengisian ulang sampai penuh kembali.

Lampu abadi

Lampu Seumur Hidup | Foto SEO Prasetya

Mahasiswa Universitas Brawijaya berhasil menciptakan sebuah lampu dengan kekuatan abadi. Rekayasa biotik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di sana, memanfaatkan bakteri khusus yang bisa memancarkan cahaya. Kadar bakteri yang semakin banyak memungkinkan cahaya yang berpendar semakin terang.

Keuntungan lampu bertenaga bakteri ini sangat banyak. Yang paling utama adalah penghematan energi listrik. Lalu, apakah bakteri tersebut tidak akan mati?

Ya, sejumlah bakteri pasti akan mati. Tetapi, mereka akan melahirkan induk baru, sehingga bisa dikatakan lampu tersebut tak akan padam.

Tempat sampah pintar

Smart Trash Can | foto Copywriting SEO

Gede Herry Arum Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, memiliki kegundahan terkait tata kelola sampah di Indonesia. Hal itu membuatnya menciptakan sebuah tong sampah berteknologi khusus, yang ia namakan Smart Trash Can.

Tong sampah itu memiliki teknologi sensor yang bisa mengelompokkan jenis sampah, sehingga mulut tong akan terbuka sesuai klasifikasi sampah. Misalnya sampah rumah tangga, metal, sampah plastik, bahkan sampah kaca.

Sungguh sebuah teknologi karya anak bangsa yang bermanfaat bukan?

Kulkas anti freon

Kulkas Ramah Lingkungan | Foto Youth Manual

Teknologi sederhana yang satu ini diciptakan oleh dua siswa SD asal Semarang, Sanika Putra dan Arya Nardhana. Keduanya membuat lemari pendingin tanpa berbekal listrik sedikitpun. Bahan yang mereka gunakan pun cukup sederhana untuk dibuat.

Bahan seperti kotak styrofoam, air dingin, dan pasir tentu mudah didapatkan. Cara menggunakannya pun mudah. Tempatkan bahan yang akan didinginkan ke dalam sebuah wadah kaleng. Kemudian letakkan di styrofoam. Lalu, isi kotak styrofoam dengan pasir dan air dingin.

POTRET

POTRET | foto unibra sukses

Bukan kamera, POTRET adalah singkatan dari Polisi Tidur Untuk Pembangkit Listrik. Teknologi ini dicetuskan oleh mahasiswa Teknik Elektro dari Universitas Brawijaya. Teknologi tersebut memanfaatkan polisi tidur yang banyak terdapat di Indonesia.

Teknologi karya anak bangsa ini memiliki mekanika pegas yang bisa memompa ketika ada kendaraan yang melewatinya. Sistem kerjanya mirip generator yang mengubah energi pegas menjadi tenaga listrik, sehingga dapat membantu memasok listrik untuk berbagai keperluan publik.

Sehati TeleCTG

Sehati TeleCTG | Foto Liputan 6

Terobosan di dunia kesehatan ini adalah teknologi karya anak bangsa yang prospektif. Sebab, TeleCTG adalah pengembangan dari mesin CTG konvensional. Dengan TeleCTG, bidan dapat memantau kesahatan ibu dan janin, bahkan di lokasi terpencil sekalipun.

Perangkat TeleCTG berukuran mini, sehingga mudah dibawa. Untuk penggunaan, tinggal hubungkan perangkat TeleCTG dengan smartphone. Kegiatan pemeriksaan kandungan pun menjadi lebih mudah.

Rompi terapi kanker

Rompi Terapi Kanker | Foto Medicalogy

Penyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Nah, seorang Warsito Taruno menciptakan sebuah rompi yang bisa digunakan untuk terapi kanker. Oleh karena efektivitasnya yang kurang meyakinkan, Kemenkes Indonesia tidak memberi izin untuk studi lanjutan rompi tersebut.

Sang pemilik ide kemudian berupaya mencari cara untuk melanjutkan riset, ke Jepang. Pemerintah Negeri Sakura justru memberikan bantuan untuk riset mendalam terhadap rompi tersebut. Hasil tes di Jepang pun menunjukkan bahwa rompi buatan Warsito lebih ampuh untuk memunahkan sel kanker.

Demikianlah 7 teknologi karya anak bangsa yang terkenal di mancanegara. Dalam hal pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, upaya pemerintah sangat diharapkan. Dukungan tersebut adalah demi memajukan potensi teknologi Indonesia yang tak kekurangan orang pintar.


Sumber: www.liputan6.com, ruangguru.com,

Penulis: RANDI CAHYANTO
Dirilis pada 2019-05-15 12:00:00

Open in App