Exclusive from Good News From Indonesia

Sejarah Jaket Kulit Garut Yang Belum Anda Ketahui

Sebelum maraknya penggunaan Jaket Kulit Garut yang begitu populer pada masa kini, jenis jaket kulit pertama kali digunakan oleh anggota militer dan para penerbang pada tahun 1900
General
Sun Sep 01 2019 07:53:00 GMT+0000 (UTC)

Sebelum maraknya penggunaan Jaket Kulit Garut yang begitu populer pada masa kini, jenis jaket kulit pertama kali digunakan oleh anggota militer dan para penerbang pada tahun 1900 silam. Mereka menggunakannya sebagai penghangat dan juga pelindung pada cuaca dingin atau pada saat penerbangan ketika mencapai ketinggian tertentu.

Jaket kulit yang sering mereka gunakan dikenal sebagai ‘Jaket Bomber’ pada perang dunia II. Pembuatan jaket pada masa ini masih menggunakan kulit domba yang masih utuh bulunya yang diletakan di bagian dalam jaket untuk menambah kehangatan serta melindungi tubuh dari berbagai benturan, serangga, angin, maupun gesekan benda lain ke kulit secara langsung.

Jaket kulit kemudian menjadi lebih populer ketika digunakan sebagai seragam oleh beberapa angkatan militer dunia.

Sementara itu, kota Garut tidak hanya terkenal dengan makanan khas dodol Garut serta daerah sentra penghasil batik tetapi juga sebagai daerah sentra penghasil ternak domba, tepatnya di daerah Sukaregang. Kemudian, sebagian masyarakat berinisiatif untuk tidak hanya memanfaatkan daging domba sebagai bahan konsumsi, tetapi juga memanfaatkan kulitnya sebagai bahan dasar jaket kulit.

Pembuatan produk dari kulit domba di daerah ini berlangsung secara turun temurun. Hingga akhirnya daerah ini berhasil membuat Kota Garut memiliki sentra produksi/ pembuatan jaket kulit terbesar di Indonesia, yang terkenal dengan sebutan jaket kulit asli Garut Sukaregang.

Pemanfaatan kulit domba pun semakin berkembang dan menghasilkan produk seperti sepatu kulit, topi kulit dan asesoris lainnya walaupun jaket kulit masih lebih unggul.

Pada perkembangan selanjutnya, kegunaan jaket kulit pun mulai berubah fungsi, yang tadinya hanya sebagai penghangat menjadi sebuah mode/trend dari gaya pakaian/fashion.

Pembuatan bahan jaketnya pun terbuat dari kulit domba dengan kualitas super yang dapat menjaga ketahanan dan keawetan jaket tersebut. Sehingga, kualitas produk daerah Garut ini tidak kalah saing dengan produk serupa dari daerah lain di Indonesia maupun di luar negeri.

Model jaket kulit Garut pun mulai berkembang sesuai dengan perkembangan mode pakaian/fashion saat ini. Produk ini tersedia untuk pria dan wanita dalam beberapa ukuran mulai dari S sampai dengan XXL, dengan ukuran standard M. Produk ini juga kini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang sangat elegan dan variatif cocok untuk pria dan wanita.

Cara Sebelum Membeli Kerajinan Jaket Kulit Pria Terjangkau

Ternyata terdapat beberapa tips sebelum membeli kerajinan jaket kulit pria terjangkau. Apa saja tips-tips tersebut? Mari kita ulas.

Membeli kerajinan jaket kulit pria terjangkau memang gampang-gampang susah. Untuk memperoleh produk jaket modis dan macho yang berkualitas tentunya Anda harus tahu bagaimana cara memilih dan membedakan mana produk yang bagus dan mana yang bukan, mana produk yang asli dan mana yang produk KW alias palsu.

Oleh karena itu, Anda harus memahami betul bagaimana karakteristik dari produk ini khususnya produk aslinya agar bisa terhindar dari penipuan. Memiliki dan memahami tentang karakteristik jaket kulit yang terbuat dari bahan asli memang tidak ada salahnya sama sekali. Hal tersebut justru akan membuat Anda terhindar dari penjualan produk palsu yang kini sedang marak beredar di pasaran.

Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum membeli kerajinan jaket kulit pria terjangkau. Tips pertama adalah untuk membeli produk kerajinan kulit ini langsung di produsen atau di distributor yang sudah tepercaya akan kualitas produk-produk buatannya.

Hal ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak terlalu paham betul mengenai bagaimana karakteristik jaket kulit dari hewan yang asli. Harga produk olahan kulit yang dijual di produsen atau di distributor juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli di toko-toko eceran bahkan yang dijual di toko online. Hal ini dikarenakan tempat-tempat tersebut merupakan penjual tangan pertama.

Tips kedua adalah untuk selalu memperhatikan kualitas yang dimiliki oleh jaket kulit yang akan dibeli. Jika Anda ragu menentukan bagaimana kualitas dari produk tersebut, Anda bisa menanyakan langsung pada penjualnya.

Tanyakan pula terbuat dari kulit apa produk jaket macho ini. Jangan sampai Anda membeli jaket yang terbuat dari kulit domba padahal yang diinginkan adalah jaket yang dibuat dari kulit sapi hanya karena Anda malu untuk bertanya.

Tips terakhir yang perlu diperhatikan sebelum membeli kerajinan jaket kulit pria terjangkau adalah untuk lebih teliti dalam mengecek jahitan dari produk tersebut, siapa tahu mungkin ada jahitan yang kurang rapi. Namun dapat dipastikan produk asli jahitannya kuat dan rapi karena dikerjakan oleh tangan-tangan ahli.

Sumber: https://www.jaketkulitasli.co.id/blog/jaket-kulit-asli-bandung

Penulis: ALPHA SUDIRMAN
Dirilis pada 2019-08-23 22:56:00

Open in App