Exclusive from Good News From Indonesia

Karena Enzim Keju ini, Siswa MTsN Batu Meraih Medali Emas

Kabar baik kini datang dari Empat siswa asal MTsN Batu, Malang, Jawa Timur. Mereka mengharumkan nama bangsa di ajang Indonesia
General
Wed May 01 2019 00:42:00 GMT+0000 (UTC)

Kabar baik kini datang dari Empat siswa asal MTsN Batu, Malang, Jawa Timur. Mereka mengharumkan nama bangsa di ajang Indonesia International Invention Festival 2019 di Universitas Ma Chung, Kota Malang.

Pada ajang yang dihelat pada 28 April 2019 lalu, mereka meraih medali emas pada Kompetisi Bidang Karya Tulis Ilmiah Remaja (KIR). Mereka adalah Azizah Alif Habibillah, Selvin Ceria Mita Ramadhan, Rosiana Fitri Fadilah, dan Aprilia Nanda Indri Rosita.

Mereka berempat bersaing dengan 80 tim dari 3 benua.

Sumber : kemenag.go.id

Sariyah, selaku Pembina KIR MTsN Batu mengungkapkan rasa bangganya. Ia menilai prestasi ini cukup prestisius karena diikuti oleh 80 tim dari 3 benua, yakni Asia, Eropa dan Afrika.

KIR yang mereka bawa berjudul Optimization of The Papain Enzyme in Papaya(Carica Papaya) Instead of The Rennet Enzym in Making Mozarella Cheese. Tema tersebut membahas tentang sebuah enzim yang didapatkan dari getah buah pepaya untuk menggantikan Enzim Rennet pada pembuatan keju mozarella.

Enzim Rennet biasanya diambil dari usus mamalia, enzim tersebut dibutuhkan ketika proses penggumpalan susu pada pembuatan keju mozarella. Sayangnya, jumlah enzim dalam usus mamalia tersebut semakin menurun. Enzim Papain dapat dijadikan alternatif pengganti enzim rennet, karena memiliki fungsi yang sama. Enzim tersebut juga dinilai lebih halal, karena berbahan alami..

“Produk kami bernama MOBA (Mozarela Batu). Produk ini didukung kekayaan alam di Kota Batu sehingga sangat memungkinkan produk kami untuk terrealisasikan,” tuturny yang dikutip dari Siedoo.com

--

Sumber : Siedoo.com, kemenag.go.id

Penulis: M FACHREZY ZULFIKAR
Dirilis pada 2019-04-30 23:25:00

Open in App