Exclusive from Good News From Indonesia

Perkembangan Film-Film Animasi Buatan Anak Bangsa yang Semakin "Wow"

Tak henti-hentinya anak bangsa terus menunjukkan bakat-bakatnya, kreativitas tanpa batas ditambah dengan cepatnya informasi yang masuk ke Indonesia membuat anak-anak muda memiliki
General
Sat Jan 05 2019 23:48:00 GMT+0000 (UTC)

Tak henti-hentinyaanakbangsaterusmenunjukkanbakat-bakatnya, kreativitastanpabatasditambah dengancepatnyainformasiyangmasukke Indonesiamembuatanak-anakmudamemilikibanyak ideuntukberkarya. Salah satunyadenganFilmAnimasi.

Film Animasiasal baratataupunjepang sudahlamakitatontondi Indonesia. UntukJepang, sebutsajasepertiDoraemon, ChibiMarukoChan, danserialkartunlainnyasuksesdi Indonesia. Sementara di belahan dunia lain, sepertiAmerika, filmkartunbuatanDisneytiaptahunmemberikan sesuatuyang baru, mulai dari ceritahingga tokohbaru.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Dewasa Ini, paraanak muda di Indonesia sudah mulaiberkarya di duniafilmanimasi. Berbeda dengannegara-negara barat yang memilikistudio besar sepertiDisney, di Indonesiamasih sebatas studiokecil bahkanlaboratoriumsekolah.

Dikutip dari Artikel Good NewsFrom Indonesia,Tidakmembutuhkanrumah produksiprofesional, muridSekolahMenengahKejuruanataudikenaldengan singkatannyaSMKini ciptakan sebuahfilmanimasianak-anakyangakanrilisbulanFebruarimendatang. Tahun 2019 inidibuka denganFilmanimasi tigadimensiberjudulLillytheLittleHope,karyaseorangpelajarberusia18 tahunyangdiketahuibersekolahdi SMKN1 Ciomas, Bogor, JawaBaratbernama Fakhri MuzakiRamadhan.

Fakhrirencananya akanmerilisfilmanimasitigadimensitersebutdi akunyoutube miliknya,Fakhrimuzaki2000.Fakhrijugasudahpernahmembuatbeberapafilmpendekyangdiunggah ke akunyoutube-nyasebelumnya. AdapunLillytheLittleHopesendiriawalnyamerupakanproyektugasakhirolehFakhridenganteman-temannya.

AdapunLillytheLittleHopemengisahkanseoranggadisbernamaLillyyangtelahditinggalolehibunyayangsudahmeninggal. Terlepas darikeadaantersebut, ia tetaptangguhdanpenuhinspirasi.

View this post on Instagram

Ini dia!!teaser short film" Lilly the little hope".. Enjoy sound design Ariefiantoro @lilly_fany @animasi_smkn1ciomas @smkn1ciomas #cgi #cgartist #computergraphic #animation #3dartist #character #cute #girl #kid #artworks #disney #blender #autodesk #zbrush #pixologic #art #3dmodelling #artstation #expression #nganimasi #cute #girl

A post shared by XII-anm-2 smk1ciomas (@fakhrimuzaki) on

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Akhir tahun2018, anak-anakIndonesia jugapunya"kawan baru" bernamaNussa danRara. Dikutip dari Good News From Indonesia,Nussa dan Rara merupakan kartun Indonesia yang disajikan dengan nuansa islami yang turut dipadu dengan munculnya pengembangan nilai-nilai berkarakter, yang pastinya mampu memberikan energi positif untuk Indonesia juga, mungkin, dunia.

Nussa danRarasudah tayang di Youtuberesmi Nussa Official dengan jadwalvideo barusetiap hari Jumat. Kabarnya, Nussa dan Rara sudah banyak dilirik oleh beberapastasiun TV lokal, namunada beberapa perbedaan visidanmisidari kedua belah pihak.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Pada tahun yang sama,Film animasi anak-anak yang diproduksi oleh Viva Fantasia animation, Knight Kris, mendapatkan banyak sekali prestasi di internasional.

Film yang diproduseri oleh Kurniawan Biantoro dan Johanes Paulus ini meraih beberapa prestasi seperti Piala Maya 2017, menang berturut-turut pada kompetisi Cartoon On Bay di Italia, London Independent Film Awards di Inggris, dan menjadi juara di kompetisi Calcutta film festival di India.

Animasi ini juga pernah masuk dalam nominasi beberapa penghargaan perfilman internasional, Guro Kids Festival 2018 di Korea Selatan, Seoul Internasional Cartoon and Animation Film Festival 2018, Indonesia meet Italia, Palm Spring International Film Festival 2018, dan San Diego Kid Film Festival.

Penulis: M FACHREZY ZULFIKAR
Dirilis pada 2019-01-06 04:30:00

Open in App