Exclusive from Good News From Indonesia

Motor Rakitan Indonesia Laris Manis di Inggris

Yamaha Nmax yang dirakit di Indonesia menarik minat besar dari para konsumen di Inggris.
General
Fri Feb 14 2020 14:20:00 GMT+0000 (UTC)
  • Nmax rakitan Indonesia jadi yang terlaris di Inggris pada bulan Desember 2019.
  • Jumlah penjualannya mengungguli motor BMW.
  • Nmax juga mengalahkan penjualan Honda, padahal jenama tersebut adalah yang terpopuler di Inggris.

Sepeda motor rakitan Indonesia mendapat respon konsumen yang sangat bagus di Inggris. Kendaraan tersebut adalah Yamaha Nmax rakitan Indonesia, yang menjadi sepeda motor terlaris di Inggris bulan Desember 2019.

Walaupun berasal dari pabrikan Jepang, tapi Manager Public Relation PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, mengklaim kalau Nmax tersebut adalah buatan Indonesia.

"Yes. Untuk Nmax semua buatan Yamaha Indonesia," ucap Anton, dikutip dari detik.com, Kamis (16/1/2020).

Meski begitu, Nmax yang diekspor ke Inggris berbeda dengan yang tersebar di jalanan Indonesia. Di Inggris, yang dijual adalah Nmax 125 cc, dikarenakan regulasi di Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Sementara itu di Indonesia yang diproduksi adalah Nmax 155 cc.

Nmax rakitan Indonesia menjadi motor terlaris di Inggris pada bulan Desember 2019, dengan angka penjualan sebanyak 194 unit. Tidak banyak memang, tapi berhak menempati posisi teratas, karena di peringkat kedua yang dihuni BMW R 1250 GS, penjualannya hanya menyentuh angka 91 unit.

Tingginya angka penjualan Nmax juga menjadi anomali, karena di Negeri Tiga Singa itu, Honda adalah jenama kendaraan terpopuler. Di bulan Desember 2019 Honda mencatatkan penjualan 767 unit, di bawahnya ada BMW dengan 515 unit, sedangkan Yamaha berada di urutan ketiga dengan 461 unit.

Sementara itu pabrikan tuan rumah, Triumph, menempati posisi keempat dengan angka penjualan 351 unit.

Kemudian data dari Motorcycle Industri Association (MCIA) atau Asosiasi Industri Sepeda Motor di Inggris, mencatat angka penjualan motor secara keseluruhan selama Desember 2019 di Inggris sebanyak 4.995 unit. Jumlah itu sangat jauh jika dibandingkan Indonesia yang per bulannya bisa mencapai 500 ribuan unit.


Referensi: detikOto

Penulis: ADITYA JAYA ISWARA
Dirilis pada 2020-02-14 19:15:00

Open in App