Exclusive from Good News From Indonesia

Peringkat Negara Paling Powerful Dunia 2019

Amerika Serikat masih bertahan di posisi negara paling powerful di dunia pada tahun 2019 berdasarkan peringkat tahunan, diikuti oleh beberapa
General
Wed Sep 11 2019 08:40:00 GMT+0000 (UTC)

Amerika Serikat masih bertahan di posisi negara paling powerful di dunia pada tahun 2019 berdasarkan peringkat tahunan, diikuti oleh beberapa sekutu terdekat dan juga kompetitor umumnya.

Peringkat US News and World Report melihat pengaruh politik dan perekonomian negara, serta internasional dan aliansi, kekuatan militer dan peran pemimpin internasional sebagai indikator penilaian. Negara-negara paling powerful dunia juga merupakan negara yang secara konsisten mendominasi berita utama, menjadi pembuat peraturan dan membentuk pola ekonomi global. Peraturan luar negeri dan budget militer dimonitor secara ketat.

Peringkat ini didasari pada skor rata-rata yang seimbang dari 5 atribut negara yang berhubungan dengan kekuatan sebuah negara; pemimpin, pengaruh ekonomi, pengaruh politik, kekuatan aliansi internasional dan militer.

Amerika Serikat yang menduduki peringkat paling atas sebagai negara paling powerful, memiliki perekonomian terbesar dunia dan juga budget militer terbesar dengan menghabiskan 610 milyar dolar pada perangkat militer dan personelnya pada tahun 2017.

Rusia dan Tiongkok merupakan dua negara selanjutnya yang didaulat sebagai negara paling powerful mengikuti Amerika Serikat dalam perihal top 4 investor pada kekuatan militernya. Melengkapi peringkat selanjutnya adalah Jerman, Inggris, Perancis, dan Jepang -- yang merupakan negara-negara dengan perekonomian yang besar. Israel dan Saudi Arabia menempati posisi ke-8 dan 9 secara berurutan, memiliki persentase lebih tinggi pada PDB pengeluaran militer dibandingkan Amerika Serikat. Melengkapi 10 besar adalah Korea Selatan.

Di Asia Tenggara, Singapura tetap menjadi negara paling powerful di regionnya, naik 4 peringkat dalam daftar terbaru dibandingkan peringkat tahun lalu. Di tahun 2018, Singapura berada di posisi ke 24 dan tahun ini berada di posisi ke-20, diikuti oleh Vietnam di posisi ke 32 dan Indonesia posisi ke 47.

Peringkat ini merupakan bagian dari peringkat "Negara terbaik 2019" oleh US News and World Report dalam kolaborasi dengan University of Pennsylvania, yang didapat melalui survey terhadap lebih dari 20.000 orang di 80 negara.


Catatan kaki: Seasia

Penulis: VITA AYU ANGGRAENI
Dirilis pada 2019-09-11 13:08:00

Open in App