Exclusive from Good News From Indonesia

Abon Ikan Cakalang Bisa Dibuat di Alat Modern Ini

Alat pembuat abon ikan cakalang berbasis 2 in 1. Dengan alat ini, pembuatan abon akan lebih efisien dan praktis, serta dihasilkan abon yang bermutu.
General
Mon Jun 24 2019 11:22:00 GMT+0000 (UTC)

Abon merupakan makanan yang banyak dikonsumsi sebagai camilan ataupun lauk. Abon memiliki rasa yang gurih dan khas karena terbuat dari olahan daging yang diberi bumbu khusus. Umumnya abon yang dikenal di masyarakat terbuat dari daging sapi atau ayam. Padahal, Indonesia memiliki sumber protein hewani yang tinggi dari laut.

Pengembangan abon ikan memiliki prospek yang besar untuk dikembangkan sebagai sumber protein. Dalam proses pembuatan abon penggorengan dan penirisan merupakan bagian yang penting, karena keduanya akan menentukan hasil kematangan dari abon itu sendiri.

Namun proses penggorengan abon memerlukan pengadukan dalam waktu yang cukup lama dan mengharuskan suhu yang relatif konstan, agar abon matang dengan rata.

Selain itu, penggorengan secara terbuka berpotensi terjadinya kontaminasi pada produk, sedangkan pada proses penirisan harus dipastikan bahwa dihasilkan abon yang kering (sedikit kandungan minyaknya) untuk menghindari dari ketengikan, yang dapat mengubah cita rasa dari abon ikan.

Berdasarkan hal tersebut maka tiga mahasiswa Universitas Brawijaya yang beranggotakan Annurfitri Febrianti (FPIK 2016), Alfi Nur Aini (FPIK 2017) dan Bagastapa (FT 2017) di bawah bimbingan Bapak Dr. Ir. Yahya MP, melakukan suatu inovasi Abon Machine, Alat Pembuat Abon Ikan Cakalang Berbasis 2 In 1.

Mahasiswa Brawijaya

ABON MACHINE merupakan alat pembuat abon ikan berbasis 2 in 1. Dalam pengoperasiannya, alat ini menggabungkan antara proses penggorengan dan proses penirisan yang dapat dilakukan secara berurutan dalam satu alat.

Alat ini memiliki kelebihan di antaranya dilengkapi oleh kontrol suhu dan pengatur waktu, serta pengadukan menggunakan pengaduk otomatis dengan waktu pengadukan yang konstan.

Tujuannya untuk menghindari adanya kematangan yang tidak merata pada abon yang dihasilkan serta menjaga agar nutrisi yang terdapat pada ikan cakalang tetap terjaga.

Selain itu, proses penggorengan yang dilakukan di dalam tabung tertutup yang terbuat dari stainless steel untuk mencegah terjadinya kontaminasi selama proses penggorengan berlangsung.

Dengan begitu, didapatkan produk Abon ikan cakalang dengan proses penggorengan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan praktis serta higienis.

Adapun cara penggunaan dari Abon Machine yaitu pertama siapkan terlebih dahulu bahan pembuat abon yaitu fillet ikan cakalang yang telah dikukus, bumbu-bumbu abon serta santan sebagai pengganti dari minyak goreng.

Selanjutnya masukkan semua bahan ke dalam tabung penggorengan, lalu atur waktu lama penggorengan. Setelah pengorengan selesai, abon ditiriskan pada mesin peniris.

Penulis: ALFI NUR AINI
Dirilis pada 2019-06-15 12:00:00

Open in App