Exclusive from Good News From Indonesia

Osvaldo Haay di Ambang Rekor Top Skor SEA Games 2019

Osvaldo Haay hanya terpaut 1 gol dari rekor top skor di SEA Games cabor sepak bola putra. Bisakah ia menyamai atau bahkan melampauinya?
General
Sat Dec 07 2019 23:59:00 GMT+0000 (UTC)
  • Osvaldo Haay berpeluang menyamai bahkan melampaui rekor top skor di SEA Games sepak bola putra.
  • Saat ini rekor top skor dipegang Sarayuth Chaikamdee dengan 9 gol.
  • Osvaldo kini mengumpulkan 8 gol bersama penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh.

Dengan 8 gol yang sudah dikumpulkan Osvaldo Haay sejauh ini di SEA Games 2019 cabor sepak bola putra, ia berpeluang memecahkan rekor top skor di turnamen tersebut. Osvaldo hanya butuh 2 gol lagi untuk melakukannya.

Rekor gol terbanyak di daftar top skor SEA Games sepak bola putra sampai sekarang masih dipegang pemain Thailand, Sarayuth Chaikamdee. Penyerang setinggi 174 sentimeter itu mencetak 9 gol di SEA Games 2003 yang diselenggarakan di Vietnam.

Saat itu, gol-gol Sarayuth terbagi ke gawang Laos (4 gol), Indonesia (2 gol), Myanmar (2 gol), dan Vietnam (1 gol). Dua tim pertama yang disebut dijebol di fase grup, kemudian Myanmar di semi-final, dan Vietnam di final.

Jadi, bisa dibilang Sarayuth selalu mencetak gol di babak apapun dia bermain. Penyerang kelahiran 24 September 1981 itu hanya sekali gagal menjaringkan bola, yakni di laga pertama penyisihan grup saat Thailand imbang 1-1 dengan Vietnam. Gol Thailand dicetak gelandang legendaris, Datsakorn Thonglao.

BACA JUGA: Osvaldo Haay Top Skor Sementara di SEA Games 2019

Sementara itu, Osvaldo Haay membagi 8 golnya sejauh ini ke gawang Thailand (1 gol), Singapura (1 gol), Brunei (3 gol), Laos (2 gol), dan Myanmar (1 gol). Dari 6 pertandingan yang dijalaninya sampai semi-final, hanya sekali Valdo tidak mampu menceploskan bola, yaitu ketika Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam.

Statistik itu mirip dengan Sarayuth, hanya saja Osvaldo Haay belum memainkan pertandingan final. Partai puncak SEA Games 2019 sepak bola putra baru akan dimainkan Selasa (10/12), yang mempertemukan Indonesia dengan Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Manila.

Menariknya, di laga final itu bukan hanya Osvaldo Haay seorang yang berpeluang memecahkan atau minimal menyamai rekor.

Penyerang Vietnam, Ha Duc Chinh, juga bisa melakukannya karena sama-sama mengoleksi 8 gol. Jalan Ha Duc Chinh mencetak rekor terbuka usai mencatatkan hat-trick ke gawang Kamboja di semi-final malam ini (7/12).

BACA JUGA: Evan Dimas Selalu Cetak Gol di 3 Edisi SEA Games

Penulis: ADITYA JAYA ISWARA
Dirilis pada 2019-12-07 22:00:00

Open in App