Exclusive from Good News From Indonesia

6 Kampung Batik Wajib Dikunjungi

Sebagai kain khas Indonesia, Batik dapat ditemukan di kota besar dan juga kota-kota kecil di seluruh penjuru nusantara. Berbeda lokasi,
General
Thu Oct 04 2018 12:31:00 GMT+0000 (UTC)

Sebagai kain khas Indonesia, Batik dapat ditemukan di kota besar dan juga kota-kota kecil di seluruh penjuru nusantara. Berbeda lokasi, berbeda pula motifnya.

Selain menawarkan produk diskon, kampung Batik juga menyajikan proses pembuatan kain tersebut untuk pengunjung dapat melihatnya dan bahkan mencoba membuatnya.

Dikutip dariKompasTravelberikut 6 kampung Batik yang wajib dikunjungi di Indonesia:

  1. Kampung Batik Laweyan, Surakarta,Jawa Tengah

View this post on Instagram

. Berbagai jenis kerajinan atau craft dijual dan dipamerkan di #LaweyanNightMarket. Hampir seluruh kerajinan yang dipamerkan merupakan barang handmade lho. Ada tas, payung, pernik-pernik, dan lainnya. Cantik kan... . . #NightMarket #FestivalLaweyan2018 #FestivalLaweyan #KampoengBatikLaweyan #KampungBatikLaweyan #Laweyan #KotaSolo #AgendaSolo #Surakarta #NyawangLaweyan #InfoSolo #EventSolo #PariwisataSolo #WonderfulIndonesia #Batik #BatikLaweyan #Event #Craft #Kerajinan

A post shared by Festival Laweyan (@festival.laweyan) on

Tempat ini adalah salah satu dari beberapa kampung Batik di Surakarta yang dapat dikunjungi. Laweyan disebut sebagai pemukiman kuno yang berasal dari kerajaan Pajang tahun 1500-an.

Puluhan rumah di sini berfungsi sebagai toko Batik, lokakarya di mana mereka membuat kain dan membuat pola baru dan rumah bagi pengrajin.

Batik Solo identik dengan warna tanah dan tersedia dengan berbagai harga. Yang paling murah adalah batik cetak, sedangkan yang paling mahal adalah batik tulis dengan pewarna alami.

2. Kampung Batik Semarang,Jawa Tengah

View this post on Instagram

Cerita kemarin: Tidur di Malang Bangun tidur di Semarang Makan siang di Surabaya Makan malam sambil diskusi keberangkatan ke Hongkong #Dinikmatiajacape2nya #Itung2buatlatihan Siapa tau besok ceritanya gini: Tidur di Paris Bangun tidur di Inggris Makan siang di Italy Makan malam sambil diskusi keberangkatan ke America #yuhuuuuu #onestepclosertoourdream -------------------------------------- 🌏 Kampoeng Djadhoel Semarang 📷 @liaharlindps #growdeeper #gostronger #allinthebible #historyteller #kampoengdjadhoel #kampungbatiksemarang #kampungjadulsemarang #kampungbatik #visitcentraljava #centraljavatourism #travelcentraljava #jateng #jalanjalanjateng #travellingindonesia #travelindonesia #visitindonesia #thisisindonesia #travelblogger #indonesia #visitindonesia2018 #eastjavatourism

A post shared by Eunike Grace (@graceunike) on

Kampung ini konon merupakan tempat kelahiran batik Semarang setelah "jatuh tertidur" selama pendudukan Belanda.

Terletak di dekat Kota Lama dan Pasar Johar, kampung ini berfungsi sebagai pusat motif baru yang mencerminkan Semarang, seperti asem, blekok, gombel dan hal-hal lain.

Kampung Batik Semarang juga merupakan kesempatan berfoto yang luar biasa karena memiliki banyak mural batik Instagrammable.

Harga batik di sini bervariasi, mulai dari Rp 50.000 untuk batik cetak hingga Rp 5 juta untuk batik tulis yang menampilkan motif gaya Semarang.

Bagikalian yang tidak mencari pakaian atau kain baru, tempat ini juga menjual berbagai aksesoris batik, dari tas dan sepatu hingga gantungan kunci.

3. Kampung Batik Giriloyo, Yogyakarta

View this post on Instagram

Mbatik mbatik sendiri.. Jemur Jemur sendiri.. Jadi karya sendiri.. Mantapp jiwa.. Siapa yg mau monggo bisa merapat dg kami. #kampungberkah #imogiri #wukirsari #giriloyo #kampungberkahkarangkulon #wisataedukasi #kampungbatik #permainantradisional #kampungbatikgiriloyo #kampungwisata #desawisatajogja #wisataedukasi #dolananbocah #wisatajogja #wisatabantul

A post shared by Batik Giriloyo (@paguyubanbatikgiriloyo) on

Pusat batik gambaran tanganGiriloyo ini adalah tujuan populer bagi wisatawan yang ingin belajar cara membuat batik. Sebuah dusun di desa Wukirsari, kabupaten Imogiri, kabupaten Bantul, Yogyakarta, Giriloyo menjual paket pendidikan pariwisata batik.

Termasuk dalam paket adalah perjalanan ke rumah-rumah tradisional dan makam raja-raja Mataram di puncak Bukit Imogiri.

Para peserta juga dapat menikmati masakan tradisional dusun, yaitu pecel kembang turi dan wedang uwuh.

4. Kampung Batik Trusmi, Cirebon,Jawa Barat

View this post on Instagram

Brrasa ga'k lengkap kalo ke Cirebon engga mampir ke Kawasan Wisata Batik Terusmi di jalan Raya Plered Jawa Barat #wisatabatikcirebon #kampungbatiktrusmi #batiktrusmi #cirebonpunyacerita

A post shared by Afrian Nugraha (@afrianfanspage) on

Meskipun banyak yang mengenaliTrusmi sebagai nama toko atau salah satu merek batik Cirebon, Trusmi sebenarnya adalah sebuah desa yang berisikan para perajin batik Cirebon.

Terletak di kawasan Plered, kota Cirebon, pengunjung dapat memasuki daerah ini yang terletak di belakang toko Batik Trusmi besar di sisi Jl. Raya Plered. Di sana Anda akan menemukan puluhan sentra batik yang membuat kain batik, menjualnya dengan harga diskon.

Kampung ini juga menawarkan masakan khas Cirebon, seperti tahu gejrotdan empal gentong.

5. Kampung Batik Putat Jaya, Surabaya, Jawa Timur

View this post on Instagram

Berusaha agar tetap terlihat indah dan istimewah merupakan salah satu misi dari karangtarunasongoC 😊 Selamat Pagi ☕ . Terimakasih @karangtarunasongo_c #kscputatjaya #bicarasurabaya #bicarasurabayadotcom #putatjayaterkini #indonesia #kampungidaman #surabaya #pkblovers #kreatifanakbangsa #karangtarunaitukeren #explorekarangtaruna #karangtarunajawatimur #karangtarunaindonesia #exploresurabaya #putatjaya #hitssurabaya #pojoksurabaya #blusukansurabaya #satpolppsby #bersihituindah #infosurabayaan #infosurabaya #pesonaindonesia #banggasurabaya #potretsby #suroboyombois #indoflashlightsurabaya

A post shared by bicaraSURABAYA (@bicarasurabaya) on

Previously home to the Dolly red-light district, the place now serves as a popular batik kampung for tourists in Surabaya. It boasts signature motifs ofdaun(leaf) andbuah jarak.

Sebelumnyaberfungsi sebagai kawasan Dolly, tempat ini sekarang berfungsi sebagai kampung batik populer untuk wisatawan di Surabaya. Daerah ini memiliki motif khas daun (daun) dan buah jarak.

Berpusat di gang 8B, area ini selalu dipenuhi pengunjung, dari ibu-ibu dan siswa hingga penduduk lokal dan turis asing.

Kampung Batik Putat Jaya juga menawarkan workshop pembuatan batik, diskusi dan wisata produksi batik.

6. Kampung Batik Palbatu, Jakarta

View this post on Instagram

#Repost @apikmen (@get_repost) ・・・ Nyanting, begin... #apikmen #mbatik #weekendworkshop #kampungbatikpalbatu #weekendgateaway #ngabuburit #batikindonesia #handmadeinindonesia #notprint #worldheritage #belajarmembatik #belajarbatiktulisjakarta

A post shared by Rumah Batik Palbatu (@rumah_batik_palbatu) on

Terletak di Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan, kampung ini baru beroperasi sejak 2011.Memegangdua catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk jalan batik terpanjang dan rumah-rumah yang dilukis batik terbanyak. Tidak heran banyak kunjungan untuk mengambil swafotokarena faktor Instagrammable.

Awalnya didirikan untuk melestarikan motif batik Betawi, kampung ini sekarang menjadi tempat studio dimana penduduk dan wisatawan dapat belajar pembuatan batik.


Sumber: Jakarta Post

Penulis: VITA AYU ANGGRAENI
Dirilis pada 2018-10-04 15:40:00

Open in App