Exclusive from Good News From Indonesia

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia

Senin lalu, salah satu operator telekomunikasi Indonesia, Smartfren, melakukan uji coba 5G di PT Smart Tbk. Refinery. yang berada di
General
Sat Aug 24 2019 12:25:00 GMT+0000 (UTC)

Senin lalu, salah satu operator telekomunikasi Indonesia, Smartfren, melakukan uji coba 5G di PT Smart Tbk. Refinery. yang berada di kawasan Marunda, Jakarta. uji coba ini akan dilakukan selama enam bulan hingga satu tahun.

Selain smartfren, ternyata ada beberapa operator yang telah melakukan uji coba jaringan terbaru yang diprediksi kecepatannya akan melebihi 1 Gbps.

Telkomsel
Perusahaan telekomunikasi plat merah ini ternyata sudah pernah melakukan uji coba jaringan 5G atau mereka sebut dengan Telkomsel 5G Experience. Uji coba ini dilakukan oleh Telkomsel saat Asian games 2018.
Telkomsel saat itu melakukan uji coba dengan memperlihatkan mobil dengan teknologi otonomos.

XL
Pada bulan yang sama, XL juga telah melakukan uji coba jaringan 5G tahun lalu. XL menggelar uji coba jaringan 5G beserta Wireless Gigabit atau Wigig.
XL melakukan uji coba di Kawasan Kota Tua, Jakarta Utara.
Dian Siswarini, selaku Direktur Utama XL Axiata mengatakan uji coba jaringan tersebut untuk mendukung penerapan Smart City DKI Jakarta yang akan memberikan solusi bagi permasalahan pengelolaan perkotaan.

Indosat
Sebelum 3 operator tersebut Indosat ternyata sudah melakukan uji coba jaringan 5G, tepatnya 2 bulan sebelum Asian Aames 2018 atau bulan Juni.
Herfini Haryono, selaku Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo, mengaku memang tidak melakukan trial di Indonesia. Pihaknya mengatakan mereka bekerja sama dengan Ooredoo Qatar.
Pada November lalu, Indosat juga mengadakan uji coba teknologi 5G tepat pada perayaan ulang tahun Indosat ke-51.

5G Di Indonesia masih susah dijalankan

Salah satu alasannya mengapa teknologi 5G dinilai mustahil, yaitu pemerintah masih belum sanggup untuk memindahkan TV analog ke digital.

Heru Sutadi, selaku Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute mengatakan bahwa seharusnya Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menyelesaikan peralihan TV analog ke digital, agar frekuensi 700 MHz dapat digunakan untuk layanan 5G.

Dikutip dari bisnis.com, ia mengatakan bahwa nampaknya perpindahan TV analog ke digital gagal sampai sekarang. Ia juga menambahkan pemerintah juga harus berbicara dengan semua pemangku kepentingan untuk mencari tahu frekuensi lain yang berpotensi untuk digunakan layanan 5G ini.

--

Sumber : Vivanews, Bisnis.com

Penulis: M FACHREZY ZULFIKAR
Dirilis pada 2019-08-24 15:09:04

Open in App