Exclusive from Good News From Indonesia

Gadis 16 Tahun Pembuat Situsweb Budaya Betawi

Frances Caitlin Tirtaguna kembali menelurkan karya. Kali ini ia membuat situsweb tentang kebudayaan Betawi
General
Thu May 02 2019 08:55:00 GMT+0000 (UTC)
  • Frances Caitlin Tirtaguna kembali menelurkan karya.
  • Penulis buku "Ondel-Ondel Galau" ini membuat situsweb tentang kebudayaan Betawi.
  • Situsweb ini diserahterimakan ke Perkampungan Budaya Betawi (PBB) di Setu Babakan.

Penulis buku “Ondel-Ondel Galau”, Frances Caitlin Tirtaguna atau yang biasa dipanggil Frances, baru saja membuat platform digital berupa situsweb untuk Perkampungan Budaya Betawi di (PBB) di Setu Babakan.

Gadis berusia 16 tahun ini ingin memperkenalkan kebudayaan Betawi pada seluruh masyarakat Indonesia dan dunia. Frances mengakui bahwa ide membuat situsweb untuk Perkampungan Budaya Betawi ini tercetus pada saat dirinya melakukan riset untuk buku Ondel-Ondel Galau.

Ia merasa kesulitan mendapatkan informasi yang valid tentang budaya Betawi di media sosial. Sejak saat itu, Frances bertekad untuk membuat sebuah wadah yang bisa menjadi panduan dan sumber informasi tertulis yang terpercaya tentang kebudayaan Betawi, agar kelak semua masyarakat Indonesia maupun luar negeri bisa mengaksesnya.

BACA JUGA: Pesona Budaya Betawi di Italia

Alasan lainnya adalah kesulitan Frances mencari jajanan pengisi perut selama dirinya melakukan riset di PBB Setu Babakan. Penjual makanan dan minuman khas Betawi agak sulit ditemui di sana pada hari kerja biasa, sehingga dirinya bertanya “Bagaimana upaya agar para pedagang kecil ini bisa memiliki penghasilan yang lebih rutin?”

Melalui diskusi dengan berbagai pihak, akhirnya diputuskan bahwa situsweb adalah wadah yang tepat saat ini untuk mendukung PBB Setu Babakan menjadi salah satu tujuan wisata utama para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta.

Frances saat talkshow di sebuah stasiun televisi swasta | Foto: Erza Minatullah

“Akan sangat membanggakan warga Jakarta apabila Perkampungan Budaya Betawi bisa menjadi salah satu tujuan wisata utama para turis saat ke ibu kota dan website resmi ini akan membantu memberikan berbagai informasi tentang budaya asli kota Jakarta beserta peta lokasi untuk mencapai lokasi PBB Setu Babakan” ungkap Frances.

Situsweb buatan Frances ini telah didukung penuh oleh para tokoh Betawi dan Unit Pengelola Kawasan (UPK) PBB Setu Babakan.

BACA JUGA: Makna Dari Rumah Tradisional Betawi Penuh Arti Filosofis

Atas permintaan Abang dan Mpok di UPK PBB Setu Babakan, serta Bang Indra Sutisna dan Bang Yahya Andi Saputra sebagai tokoh masyarakat Betawi sekaligus pembimbing dan pendamping Frances dan timnya dalam penyusunan isi situsweb ini, maka disepakati nama situsweb yang representatif dan mudah diingat oleh masyarakat.

Situsweb ini akan diserahterimakan pada pertengahan bulan Mei 2019 mendatang di UPK Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, yang beralamat di Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12640.**

Penulis: ADITYA JAYA ISWARA
Dirilis pada 2019-05-02 12:20:11

Open in App