Exclusive from Good News From Indonesia

PDRB Perkapita Provinsi di Indonesia (Atas Dasar Harga Berlaku)

<p>Berdasarkan data 2010 - 2018</p> <p>Salah Satu Indikator Kemakmuran SuatuWilayah/Provinsi</p> <p>Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB merupakan jumlah nilai tambah yang
General
Sat Mar 28 2020 06:07:00 GMT+0000 (UTC)

Berdasarkan data 2010 - 2018

Salah Satu Indikator Kemakmuran SuatuWilayah/Provinsi

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu daerah tertentu. PDRB bisa juga didefinisikan sebagai jumlah nilai barang dan jasa akhir (netto) yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Transaksi ekonomi yang akan dihitung merupakan transaksi yang terjadi di wilayah domestik suatu daerah, tanpa memerhatikan apakah dilakukan oleh masyarakat (residen) dari daerah tersebut atau masyarakat lain (non-residen). PDRB atas dasar Harga Berlaku maksudnya yakni nilai tambah barang dan jasa, dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun. Dengan menggunakan harga berlaku, kita bisa melihat pergeseran-pergeseran yang terjadi dalam sektor ekonomi. Selain itu, bisa juga untuk melihat struktur ekonomi yang dimiliki oleh suatu wilayah/provinsi.

Bisa dikatakan bahwa PDRB adalah jumlah keseluruhan nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari semua kegiatan perekonomian di seluruh wilayah dalam periode tahun tertentu, yang pada umumnya dalam waktu satu tahun.

Biasanya data PDRB disajikan dalam bentuk perkapita, seperti halnya pendapatan. PDRB perkapita merupakan gambaran dan rata-rata pendapatan yang diterima oleh setiap penduduk selama satu tahun di suatu wilayah/daerah.

PDRB perkapita ini bisa diperoleh dari hasil bagi antara PDRB dengan jumlah penduduk pertengahan tahun yang bersangkutan. Data yang tersaji dalam bentuk ini merupakan salah satu indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu wilayah/provinsi.

Penulis: YUFI EKO FIRMANSYAH
Dirilis pada 2020-03-28 09:06:43

Open in App