Exclusive from Good News From Indonesia

Sebuah Sekolah di Semarang Sudah Berkawan Akrab dengan Fintech

Mengenal MI Miftahul Akhlaqiyah, sekolah yang sudah akrab dengan pembayaran SPP memakai fintech.
General
Mon Feb 17 2020 12:43:00 GMT+0000 (UTC)

Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Akhlaqiyah di Semarang, Jawa Tengah, telah menjalin keakraban dengan fintech sebagai opsi pembayaran SPP. Empat fintech yang dipakai adalah GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja.

Fenomena ini mulai mengemuka sejak November 2019, tetapi MI Miftahul Akhlaqiyah baru resmi menggunakannya untuk pendaftaran siswa baru di bulan Januari 2020.

Dilansir dari NU Online, mengutip pernyataan Kepala MI Miftahul Akhlaqiyah, Miftahul Arief, ia menyebut perlunya sekolah menyesuaikan kondisi dengan era terkini.

"Kita menyesuaikan era, karena mindset orang tua sekarang adalah serba cepat dan instan. Ojek saja bisa bayar online kenapa pendidikan tidak?" tuturnya pada Kamis (28/11/2019).

“Di sekolah ini pembayarannya seperti uang kuliah tunggal di perguruan tinggi, seluruh kebutuhan anggaran sudah dikalkulasi di awal,” lanjutnya, dikutip dari jatengpos.co.id, Jumat (29/11/2019).

Salah satu sudut MI Miftahul Akhlaqiyah | Foto: akhlaqiyah.sch.id

Masih dilansir dari NU Online, dengan cara ini orang tua siswa tidak perlu datang ke madrasah untuk membayar biaya pendaftaran. Sebab, salah satu kendala yang dialami orang tua dalam melakukannya adalah kesibukan.

"Kami memahami kendala calon orang tua siswa yang memiliki keterbatasan waktu, market kami kan warga perkotaan dengan aneka rupa pekerjaan yang terpancang dengan target dan waktu," lanjutnya.

Selain itu, kendala lain yang biasa terjadi adalah orang tua siswa tidak membawa uang tunai yang cukup untuk membayar SPP. Akibatnya, mereka kudu bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang.

Tidak hanya fintech, layanan digital lainnya yang ditawarkan MI Miftahul Akhlaqiyah adalah pendaftaran online. Berkas-berkas yang sebelumnya berupa fotokopian, bisa diunggah secara mandiri melalui gawai.

"Paperless, tak ada kertas yang harus disetorkan sebagaimana selama ini, semua menggunakan daring," pungkas Arief pada NU Online.

Berkaitan dengan pembayaran SPP via GoPay, fintech besutan Gojek tersebut hari ini (17/2) resmi meluncurkan menu 'Schools' di GoBills, untuk membayar SPP dengan saldo GoPay.

Di menu 'Schools', pengguna bisa melihat daftar sekolah yang SPP-nya bisa dibayar pakai GoPay, mulai dari Pondok Pesantren, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan Universitas.

Gojek dalam siaran persnya menyebut ada 180 lembaga pendidikan seperti pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia yang telah terdaftar sebagai mitra kerja GoBills.

Referensi: akhlaqiyah.sch.id | nu.or.id | jatengpos.co.id

Penulis: ADITYA JAYA ISWARA
Dirilis pada 2020-02-17 16:05:00

Open in App