Exclusive from Good News From Indonesia

Stadion Manahan yang Semakin Menawan

Menengok megahnya Stadion Manahan di Solo setelah renovasi.
General
Mon Feb 17 2020 09:17:00 GMT+0000 (UTC)

Renovasi Stadion Manahan di Kota Solo, Jawa Tengah, akhirnya selesai. Pada Sabtu (15/2) lalu, wajah baru Stadion Manahan diresmikan oleh presiden RI, Joko Widodo.

Dilansir dari tribunnews.com, Jokowi mengajak sang istri, Iriana, dan cucunya, Jan Ethes Srinarendra, dalam peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti ini.

"Dengan mengucap Bismillah saya resmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo," ucap Jokowi.

"Setelah direnovasi, Stadion Manahan menjadi fasilitas yang jauh lebih baik dan megah. Sehingga stadion ini dapat menjadi tempat penyelenggaraan pertandingan dunia," lanjut Jokowi.

Stadion yang menjadi markas kesebelasan Persis Solo ini termasuk salah satu stadion yang diajukan untuk jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. PSSI telah mengajukan 10 stadion, dan FIFA akan memilih minimal enam di antaranya.

Tribun Stadion Manahan Solo sekarang berkapasitas 20 ribu single seat | Foto: pu.go.id

Perubahan wajah Manahan

Dana yang dihabiskan untuk merenovasi Stadion Manahan mencapai Rp301 miliar. Dengan dana tersebut, wajah Stadion Manahan berubah drastis, dari yang dulunya sangat konvensional menjadi lebih modern.

Kapasitasnya sekarang 20 ribu penonton dengan single seat. Perubahan juga mencakup ruang ganti, ruang ofisial, ruang wasit, dan atap yang diperlebar. Jadi bisa dibilang, renovasi ini meliputi sisi luar dan dalam stadion.

"Semua fasilitas kita tingkatkan dari kursinya seperti GBK single seat, lighting, sound system. Dan ada jacuzzi segala. Stadion (Manahan) ini seperti GBK mini," terang Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono.

Bersamaan dengan peresmiannya, Stadion Manahan juga melakoni "debut"-nya menggelar pertandingan. Persib dan Persis menjadi dua klub pertama yang menjajal all new Manahan. Pertandingan itu berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Maung Bandung, julukan Persib.

Motif warna-wanri di tribun Stadion Manahan | Foto: pu.go.id

Selain itu, digelar pula laga eksebisi antara Pemprov Jateng melawan Pemkot Solo. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, ikut turun lapangan di pertandingan tersebut walau hujan deras mengguyur Kota Solo. Ganjar bermain penuh di babak pertama dan di babak kedua ditarik keluar di menit ke-7.

Laga yang berlangsung selama 2x35 menit itu berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Referensi: bolasport.com | kompas.com | tribunnews.com

Penulis: ADITYA JAYA ISWARA
Dirilis pada 2020-02-17 14:55:00

Open in App